Instalasi Windows XP di Harddisk SATA

Apabila sobat  mencoba meng-install sistem operasi Windows XP di notebook, namun selalu saja tidak bisa, bahkan terkadang akan terjadi Blue Screen coba cek terlebih dahulu spesifikasi tersebut apakah menggunakan Harddisk SATA atau IDE dengan cara masuk ke BIOS.

Saya pernah mengalami hal tersebut di atas, dan cara-cara di bawah ini saya dapatkan dari situs http://blog.syukhri.web.id Silahkan sobat coba dengan menggunakan aplikasi N-lite. Dengan aplikasi ini kita bisa melakukan re-bundling Windows XP. Dengan N-lite kita bisa menambahkan option tertentu pada proses installasi, baik patching, drivers, hotfix dll.
Untuk mem-bundle ulang installer Windows XP, sobat harus memiliki :
1. Installer Windows XP dan Microsoft .Net Framework 2.0 (download),
2. Driver SATA sesuai dengan spesifikasi notebook/desktop,
3. CD blank
Oke kita mulai..
Berikut langkah-langkah bundling installer Windows XP plus driver SATA:
  • Jalankan aplikasi N-lite, jika belum memilikinya sobat bisa download di sini, kemudian install.
  • Ikuti petunjuk N-lite sampai muncul pilihan tentukan patch installer Windows XP yang sobat miliki, misalnya di D:\winxp-patch. Kemudian klik Next
  • N-lite akan mendeteksi installer Windows XP sobat. Jika tidak ada masalah maka akan muncul informasi tentang installer yang sobat gunakan. Kemudian klik Next.
  • Sobat akan ditanya tentang task apa saja yang ingin dilakukan.

Sobat cukup memilih drivers dan bootable ISO. Namun sobat juga dapat memilih task yang lain sesuai keinginan dan kebutuhan sobat. Kemudian klik Next.
  • Proses selanjutnya adalah menentukan dimana lokasi driver SATA yang sudah kita siapkan (sesuaikan dengan driver SATA pada notebook/desktop yang akan sobat install). Untuk SATA AHCI driver Intel  bisa download di sini , sedangkan untuk SATA AHCI driver AMD bisa download di sini
Untuk memasukkan driver, sobat cukup meng-klik button Insert. Sobat akan ditanya apakah sobat akan memasukkan hanya 1 file driver saja atau banyak driver. Dalam tulisan ini saya mengambil multiple drivers. Setelah sobat memilih single driver atau multiple drivers, sobat akan diminta untuk menentukan lokasi driver yang bersangkutan. Tentukan lokasi driver SATA sobat, kemudian klik OK.
Setelah proses penentuan lokasi driver tadi, sobat akan dihadapkan pada banyak pilihan driver SATA. Silahkan sesuaikan dengan jenis SATA sobat . Jika sobat tidak yakin yang mana, sobat bisa memilih semua driver yang ditampilkan. Kemudian klik Next.
  • N-lite akan memproses semua perubahan task yang sobat inginkan. Setelah proses selesai, N-lite akan menampilkan informasi terbaru dari installer Windows XP sobat setelah ditambah drivers. Kemudian klik Next.
  • Proses terakhir, installer Windows XP plus Driver SATA sobat siap untuk disimpan menjadi ISO file atau sobat juga bisa langsung melakukan proses burning ke CD. Ingat, pilihan ini hanya akan muncul jika sobat memilih bootable ISO pada proses pemilihan task sebelumnya.
  • Tunggu sampai proses burning selesai.
  • Sekarang sobat dapat melakukan installasi Windows XP pada drive SATA sobat   menggunakan installer yang baru sobat burning.
Selamat mencoba, semoga sukses.



Free Download Software | Bisnis Cerdas | Cantik Berduit