Jenis dan Cara Kerja Virus Komputer

 Virus Komputer dapat menginfeksi system komputer yang kamu gunakan dengan berbagai cara kerja. Berikut informasi beberapa jenis virus komputer dan cara kerjanya :
Virus File
Cara kerja Virus File : menginfeksi aplikasi atau program pada komputer. Disaat aplikasi atau program pada komputer tersebut dijalankan, maka virus ini akan menginfeksi file-file atau dokumen yang dapat diakses menggunakan aplikasi atau program tersebut.

Virus Boot Sector
Cara kerja Virus Boot Sector : menginfeksi boot sector harddisk pada komputer.Jika virus boot sector telaj aktif pada komputer kamu,maka kamu tidak bisa membooting komputer secara normal.
boot sector merupakan sebuah daerah dalam hardisk yang pertama kali diakses saat komputer dihidupkan.

Virus E-mail
Cara kerja Virus E-mail : menyebar melalui e-mail,biasanya dalam bentuk file attachment.Virus jenis ini dapat mengirimkan dirinya sendiri ke berbagai alamat email yang ada dalam address book di email pengguna.
Virus E-mail memiliki ciri khusus berupa ekstensi .scr, .exe, .pif, atau .bat.

Virus Multipartite
Cara kerja Virus Multipartite : menginfeksi file-file pada komputer,sekaligus boot sector pada harddisk.Virus Multipartite dapat menyebabkan kerusakan yang fatal pada system komputer yang telah dijangkitinya.

Virus Polimorfis
Cara kerja Virus ini mempunyai : dapat mengubah kode dirinya atau berganti wujud pada saat menyebarkan diri ke system komputer lain.Oleh karena itu,Virus jenis ini lebih sulit dideteksi oleh program-program anti virus atau sejenisnya.

Virus Siluman atau Stealth Virus
Vara kerja Virus Siluman atau Stealth Virus : mampu menyembunyikan diri dengan cara membuat sebuah file yang terinfeksi seolah-olah file tersebut tidak terinfeksi.

Virus Makro
Cara kerja Virus Makro yaitu menginfeksi Aplikasi Microsoft Office,seperti Word dan Excel.Biasanya Dokumen yang telah terinfeksi oleh Virus Makro akan memodifikasi perintah yang ada di Microsoft Office seperti perintah “Save” untuk menyebarkan dirinya saat perintah tersebut dijalankan.

Mungkin kamu pernah mendengar istilah Trojan Horse atau Worm,keduanya merupakan malware atau aplikasi yang berbahaya pada system komputer. 



Free Download Software | Bisnis Cerdas | Cantik Berduit