Apa itu "Spoolsv.exe" ??

Di saat anda sedang nge-print kemudian tiba-tiba komputer/ laptop anda "hang", setelah itu ada tulisan "spoolsv.exe ... dsb" maka tidak tertutup kemungkinan ada proses di windows anda yang banyak memakan memori.

Apakah Spoolsv.exe ??

Suatu file yg terletak di direktori c:\windows\system32 or c:\winnt\system32 yang mempunyai deskripsi file sebagai : “Spooler SubSystem App”. File ini bertanggung jawab untuk penggunaan Print dan Fax pada komputer anda.


Apakah file ini berupa spyware, trojan, atau virus ??

File spoolsv.exe sebenarnya bukan spyware, trojan, ataupun virus. Namun, sama saja seperti file-file lainnya pada komputer anda yang dapat juga bisa terjangkit oleh virus, worm, atau trojan. Kalo ada file yg kena virus, program-program antivirus bisa men-detect dan membersihkannya. Berhubung file ini termasuk kedalam file-nya Microsoft Windows maka users tidak bisa seenaknya menghapus file ini, biarkan antivirus yang menanganinya.
Ada beberapa trojans, viruses, dan worms yang diketahui menggunakan identitas dari file ini. Namun, sekali lagi ada baiknya anda menggunakan antivirus yang ter-update dengan baik, dan bersihkan atau karantina file yang terinfeksi.

Aman gak sih ngilangin spoolsv.exe dari proses Task Manager ??

File ini bukan file yang prosesnya penting sekali, jadi bisa saja dimatikan lewat Task Manager. Utk melakukannya buka Task Manager, cari spoolsv.exe, trus klik “End Process”.
Spoolsv.exe bisa mengambil 99%, 100% atau bahkan sampai angka-angka abnormal lainnya dari komputer kita. Ini terjadi saat masih adanya proses nge-print yang masih berjalan di Windows spool. 
Untuk nge-remove secara manual, langkah-langkah adalah sebagai berikut :
  1. Klik Start, Settings, Control Panel.
  2. Di Control Panel, klik 2x Administrative Tools trus Services.
  3. Cari Print Spooler kemudian klik-kanan dan pilih Stop.
  4. Setelah proses ini berhenti, biarkan window-nya terbuka dan buka My Computer trus browse folder berikut .. c:\windows\system32\spool\PRINTERS atau c:\winnt\system32\spool\PRINTERS
  5. Di folder ini, delete semua file yg ada di PRINTERS folder. Setelah selesai di-delete kemudian klik-kanan lagi Print Spooler yg ada di Services Window lalu klik Start utk mengaktifkan kembali service-nya.
Kalau masih bermasalah, kemungkinan masalahnya ada di driver printernya. Mungkin ada trojan, virus, atau worm yg meng-infeksi komputernya. Pastikan anda punya driver printer terbaru untuk printer anda. Sebagai tambahan, pastikan anda punya antivirus yang selalu ter-update agar dapat melindungi komputer anda.



Free Download Software | Bisnis Cerdas | Cantik Berduit